BAB I Skripsi Pengembangan Media Pembelajaran dengan Macromedia Flash Profesional 8


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Di era modern saat ini perkembangan teknologi dan pendidikan tidak dapat dielakkan lagi.Sehingga persaingan global tercipta di berbagai bidang kehidupan manusia.Salah satunya bidang pendidikan.Sejalan dengan hal tersebut, Mukhopadhyay dalamSutabri (2013:77) mengatakan “globalisasi telah memicu pergeseran dalam dunia pendidikan, dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka”.Oleh karena itu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia diperlukan inovasi dalam bidang pendidikan agar dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.
Dalam proses belajar dan mengajar inovasi dan teknologi pendidikan merupakan bagian dari suatu sistem yang tak terpisahkan dengan terdidik dan pendidik. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat menawarkan berbagai kemudahan dan sekaligus tantangan bagi dunia pendidikan  khususnya pemanfaatannya dalam pembelajaran di kelas, hal ini berkaitan dengan pemanfaatan tekhnologi tersebut di dalam pembelajaran seperti penggunaan tekhnologi untuk mengembangkan media pembelajaran. Russel (Rusman dkk, 2012:97) menyatakan bahwa sistem komputer  dapat menyampaikan pembelajaran secara individual dan langsung kepada siswa dengan cara berinteraksi dengan mata pelajaran yang di programkan ke dalam sistem komputer…”. Selain itu tidak sekedar membantu proses belajar mengajar dengan mencakup satu aspek dalam diri manusia saja, akan tetapi mencakup aspek-aspek

lainnya yaitu: kognitif, psikomotorik, dan afektif. Teknologi pendidikan sebagai media yang lahir dari revolusi teknologi komunikasi yang dapat digunakan untuk tujuan-tujuan pengajaran di samping guru, buku, dan papan tulis (Danim, 2010:7).
Komputer merupakan salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran. Dalam bukunya Nasution (2012:110) menyatakan komputer memiliki sejumlah keuntungan apabila digunakan sebagai alat pelajaran atau dengan kata lain sebagai media pembelajaran yaitu sangat fleksibel,dapat membantu murid dan guru dalam pelajaran dalam latihan dan remedial teaching, selain itu komputer juga dapat juga digunakan menilai setiap pelajar (siswa) dengan segera.
Sebagai fasilitator guru dituntut mampu menggunakan alat-alat yang tersedia di sekolah dan mampu menciptakan media pembelajaran yang belum tercipta demi tercapainya tujuan pembelajaran. Selain itu guru yang memiliki daya cipta dalam menyiapkan metode, perangkat media dan muatan materi pembelajaran akan dituntut untuk membuat kegiatan belajar menjadi variatif, dapat merangsang semangat, minat belajar dan rasa penasaran siswa untuk belajar, sehingga siswa dapat meningkatkan prestasinya. Susilawati (2014) dalam skripsinya yang berjudul pengeruh media pembelajaran berbasis komputer dengan program flash terhadap hasil belajar siswa pada konsep hidrokarbon (alkana, alkena dan alkuna), memaparkan hasil penelitiannya bahwa media pembelajaran berbasis komputer dengan program flash  berpengaruh terhadap hasil belajar. Susilawati menjelaskan kesimpulan tersebut didapat dari  analisis rata-rata hasil belajar siswa  yang menggunakan media pembelajaran berbasis komputer dengan program flash sebesar 83.10, sedangkan rata-rata hasil belajar kimia siswa tanpa media pembelajaran berbasis komputer dengan program flash sebesar 77.37. Dengan begitu dapat disimpulkan pembelajaran berbasis komputer dengan program flash dapat menjadi alternative guru dalam mengembangkan suatu media pembelajaran.  Yudhiantoro (Arifin, 2004:6)  mengatakanMacromedia flash profesional 8 adalah sebuah program yang ditujukan kepada para desainer maupun programmer  yang bermaksud merancang animasi untuk merancang halaman web, presentasi untuk tujuan bisnis maupun proses pembelajaran hingga membuat  game interaktif serta tujuan-tujuan lain yang lebih spesifik.
Dengan aplikasi ini guru dapat mendesain media pembelajaran semenarik mungkin untuk menarik minat siswa dalam belajar.Astuti dalam skripsinya yang berjudul pengembangan media pembelajaran menggunakan macromedia flash berbasis laboratorium virtual pada materi elektrolisis kelas XII SMA Islam Al-Falah Kota Jambi (2015:85)  menyimpulkan bahwa hasil respon dari 10 siswa yaitu 80.08 % pembelajaran dengan media pembelajaran ini baik dan menarik.  Selain itu Nabila dalam skripsinya yang berjudul pengembangan multimedia pembelajaran materi laju reaksi dengan chemtoons movie berbasis macromedia flash 8 (2013:98) juga mengungkapkan dari hasil uji coba didapatkan hasil bahwa siswa bersemangat dalam pelajaran, tidak mudah bosan, tertarik untuk mempelajari materi, waktu pembelajan menjadi teraasa begitu cepat dan mempermudah siswa dalam mempermudah siswa dalam memahami konsep. Dapat disimpulakan aplikasi macromedia flash professional 8 dapat mendukung dalam pembuatan media pembelajaran yang baik dan menarik.
Berdasarkan analisis kebutuhan media khususnya untuk Mata Pelajaran Ekonomi, penulis mengamati media yang ada di SMAN 4 Kota Jambi masih terbatas. Media yang digunakan oleh guru seperti buku paket ekonomi, modul dan powerpoint. Sedangkan media pembelajaran dalam bentuk CD interaktif tidak  digunakan guru karena dirasa kurang menarik, hanya berisi  materi saja tanpa dilengkapi dengan gambar/animasi, video, audio, narasi yang menarik dan bervariasi, selain itu juga tidak dilengkapi dengan contoh-contoh untuk memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan saat proses pembeajaran.
Terbatasnya buku sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi juga menyebabkan kesulitan guru dalam menyampaikan materi pelajaran karena tidak semua siswa mempunyai buku paket ekonomi.Oleh sebab itu media harus di fotocopy terlebih dahulu oleh siswa. Disini timbul permasalahan lain yaitu tidak semua siswa mempunyai dana dan motivasi  untuk memfotocopy buku tersebut. Melihat dari segi fasilitas, di SMAN 4 Kota Jambi sangat memadai, di sana tersedia infokus, sound sistem, dan jaringan internet. Namun, inisiatif guru untuk mengembangkan media pada mata pelajaran ekonomi masih kurang, sementara kebutuhan media pada mata pelajaran ekonomi sangat diperlukan oleh siswa dalam pembelajaran.
Karena kebutuhan media yang diperlukan oleh siswa masih terbatas, sudah selayaknya guru membuat media sendiri yang akan disampaikan siswa dengan mengembangkan media yang sudah ada. Media tersebut berbentuk softwere disesuaikan dengan karakteristik siswa.Media disusun dengan tujuan menyediakan media yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa, yakni media yang sesuai dengan karakteristik dan lingkungan sosial siswa, membantu siswa dalam memperoleh alternatife media di samping buku-buku teks yang terkadang sulit diperoleh, memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran.
Berdasarkan observasi yang telah penulis lakukan  media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran ekonomi di SMAN 4 Kota Jambi selama ini mempunyai beberapa kelemahan seperti:
a.    Media yang ada sekarang sedikit sekali yang berbentuk softwere, pada umumnya berbentuk hardwere.
b.    Media hanya dalam bentuk buku teks, siswa sering diminta untuk mengingat banyak fakta dan definisi. Praktek ini menyebabkan media hanya digunakan sebagai alat bantu menghafal belaka. Beberapa buku teks menggunakan banyak kata dan konsep yang sulit dipahami dan kurangnya penjelasan.
c.    Gambar yang terdapat pada media selama ini sangat sederhana dan kurang bervariasi, sehingga belum menimbulkan minat siswa untuk membaca dan mempelajari media tersebut.
Mata pelajaran Ekonomi merupakan mata pelajaran yang di ajarkan pada siswa jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Siswa pada jenjang SMA merupakan periode remaja transisi, yaitu periode transisi antara masa kanak-kanak dan usia dewasa. Danim (2011:80) mengatakan ketika memasuki tahap operesi formal mereka bisa berfikir abstrak dan deduktif. Selanjutnya pada tahap ini peserta  didik juga mampu mempertimbangkan kemungkinan masa depan, mencari jawaban, menangani masalah dengan fleksibel, menguji hipotesis dan menarik kesimpulan atas kejadian yang mereka tidak alami secara langsung. Oleh sebab itu guru harus mampu mengoptimasi kemampuan siswa.
Berdasarkan hal tersebut, sebagai alternatif solusi perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang tepat sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Ekonomi berbentuk compact disk  (untuk selanjutnya disebut CD) interaktif agar pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan komunikatif. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul ”Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer dengan Macromedia Flash Profesional 8 Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 4 Kota Jambi”.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dapat di rumuskan masalah sebagai berikut :
1.      Bagaimanakah prosedur pengembangkan  media pembelajaran  interaktif menggunakan macromedia flash profesional 8 pada pada Mata Pelajaran Ekonomi?
2.      Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash professional 8 pada Mata Pelajaran Ekonomi?

1.3  Tujuan Pengembangan
Tujuan penelitian pengembangan media ini adalah :
1.      Menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash professional 8 pada Mata Pelajaran Ekonomi.
2.        Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash professional 8 pada mata pelajaran ekonomi.

1.4  Spesifikasi Produk yang Diharapkan
     Produk yang diharapkan dalam penelitian pengembangan ini adalah sebagai berikut :
1.       Spesifikasi media
a.       Media pembelajaran interaktif bebasis komputer dengan macromedia flash professional 8 dikemas dalam bentuk CD interaktif dan didalamnya terdapat tujuh menu yang meliputi: KD/Indikator, Tujuan, Materi, evaluasi, profil, petunjuk, dan keluar.
b.       Media disimpan dalam format swf.
c.       Cover CD di print menggunakan kertas foto.
2.      Tahap pembuatan media pembelajaran interaktif
Adapun tahapan pembuatan media pembelajaran berbasis komputer dengan macromedia flash professional 8yaitu :
a.       Menyiapkan silabus dan buku paket.
b.      Menyiapkan materi ajar (video, teks, gambar, animasi, foto, audio).
c.       Instal program macromedia flash professional 8:
1)             Membuat sebuah flash document.
2)             Membuat pilihan desain dengan actionscript.
3)             Memisahkan setiap file dalam sebuah scane.
4)             Membuat teks, animasi, mengimport video dan gambar-gambar dalam macromedia flash professional 8.
5)             Menyatukan semua file-file ke dalam macromedia falsh professional 8 dengan menggunakan link actionskript.
6)             Publish hasil desain dalam bentuk swf/exe..

1.5  Pentingnya Pengembangan
           Media pendidikan merupakan seperangkat alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka  berkomunikasi dengan siswa atau peserta didik (Danim, 2010:7). Hasil penelitian secara nyata membuktikan bahwa penggunaan alat bantu sangat membantu aktivitas proses belajar mengajar di kelas. Dengan begitu media mempunyai peranan yang sangat penting dalam sebuah pembelajaran.  Cole & Chan (Sutopo, 2012:18) mengatakan dengan menggunakan  komputer sebagai media pendidikan dapat meningkatkan perhatian dan konsentrasi siswa pada materi pembelajaran, meningkatkan motivasi siswa untuk belajar, menyesuaikan materi dengan kemampuan belajar siswa, mengurangi penggunaan waktu penyampaian materi dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan. 
           Berdasarkan hal tersebut, maka dirasa perlu untuk mengembangkan media pembelajaran ekonomi berbentuk media pembelajaran interaktif yang baik dan teruji kualitasnya.

1.6  Asumsi dan Keterbatasan Pengembangan
1.6.1        Asumsi Pengembangan
                 Berikut ini dikemukakan beberapa asumsi yang dapat membantu penulis sebagai sebagai landasan kerangka berfikir, sehingga tujuan pengembangan ini tercapai sesuai dengan harapan peneliti. Asumsi tersebut sebagai berikut:
1.      Penggunaan komputer sebagai media pendidikan dapat meningkatkan perhatian dan konsentrasi siswa pada materi pembelajaran dan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar.
2.      Macromedia flash professional 8 dapat menggabungkan unsur teks, gambar, animasi, suara dan grafis sehingga dapat menyajikan materi pelajaran lebih menarik, tidak monoton, dan memudahkan penyampain.
3.      Dengan belajar aktif, memotivasi dan menyenangkan diasumsikan dapat meningkatkan prestasi siswa.

1.6.2        Keterbatasan Pengembangan
                 Pengembangan media pembelajaran interaktif ini memiliki keterbatasan di antaranya, yaitu: 
1.      Karena keterbatasan waktu penelitian, maka fokus pengembangan media ini yaitu menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash professional 8 pada Mata Pelajaran Ekonomikelas X semester II kompetensi dasar 3.6 Mendeskripsikan sistem pembayaran dan alat pembayaran dalam kurikulum 2013.
2.      Media pembelajaran ini banyakmengembangkan aspek kogniktif siswa, sedikit sekali mengembangkan aspek afektif dan psikomotor.
3.      Untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash professional 8 diperlukan keahlian khusus, mulai dari proses perancangan, pengembangan, sampai proses pengeditan produk yang membutuhkan penguasaan program software tersebut.

1.7  Definisi Istilah
                 Beberapa definisi operasional yang berkaitan dengan penelitian ini adalah sebagai berikut :
a.       Pengembangan adalah suatu proses, cara  atau perbuatan mengembangkan. Penelitian pengembangan ini merupakan suatu jenis penelitian yang tidak dimaksudkan untuk menguji teori, tetapi untuk menghasilkan atau mengembangkan produk yaitu berupa media pembelajaran interaktif mata pelajaran ekonomi.
b.      Pengembangan media pembelajaran adalah suatu usaha penyusunan program media pembelajaran yang lebih tertuju pada perencanaan media. Media yang akan ditampilkan dalam proses belajar mengajar terlebih dahulu direncanakan dan di rancang sesuai dengan kebutuhan lapangan atau siswanya.
c.       Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif di mana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif.
d.      Interaktif adalah adanya hubungan timbal balik, dalam hal ini hubungan timbal balik antara siswa dengan media pembelajaran.
e.       Komputer merupakan suatu perangkat keras yang digunakan dalam penyampaian pesan. 
f.       Software Macromedia flashprofesional 8 merupakan program aplikasi yang digunakan penulis pada penelitian pengembangan ini.
g.      Mata pelajaran ekonomi merupakan bagian dari mata pelajaran di sekolah yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat dalam usaha memenuhi kebutuhan hidupnya yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas jumlahnya.
h.      SMAN 4 Kota Jambi merupakan salah satu jenjang pendidikan formal di sekolah tingkat menengah  atas yang ada di Kota Jambi dengan masa studinya selama tiga tahun.
i.        Compact Disk (CD) merupakan tempat penyimpanan media pembelajaran interaktif ekonomi berbentuk perangkat lunak komputer yang hanya di operasikan dengan komputer yang menggunakan Operating System Windows 98 sampai dengan Operating System terbaru.
j.        Kualitas media pembelajaran yaitu suatu persyaratan sebuah media tersebut layak digunakan dalam pembelajaran dengan kriteria penilaian yang sangat baik atau baik.

1.8  Sistematika Penulisan
          Dalam sistematika penulisan ini berpedoman pada penulisan skripsi yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Jambi, maka sistematika penulisan skripsi ini sebagai berikut:
            Bab I, Pendahuluan, memuat: Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan Pengembangan, Spesifikasi Produk yang Diharapkan, Pentingnya Pengembangan, Asumsi dan Keterbatasan Pengembangan, Definisi Istilah dan Sistematika Penulisan.
              Bab II, Kajian Pustaka, memuat: Media pembelajaran (pengertian media pembelajaran, fungsi media pembelajaran, manfaat media pembelajaran, klasifikasi media pembelajaran, kriteria media pembelajaran), pembelajaran berbasis komputer, manfaat pembelajaran berbasis komputer, macromedia flash professional 8,  penelitian yang relevan, mata pelajaran Ekonomi, dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Ekonomi semester 2 kelas X.
Bab III, Metode pengembangan, memuat: Model Pengembangan, Prosedur Pengembangan (Tahap Analisis, Tahap Desain, Tahap Pengembangan, Tahap Penerapan, Tahap Evaluasi, Uji Coba Produk), Desain Uji Coba (Subjek Uji Coba, Jenis Data, Instrumen Pengumpulan data, Teknik Analisis Data).
Bab IV, menyajikan Hasil Pengembangan (Penyajian Hasil Uji Coba, Analisis Data dan Revisi Produk).
Bab V, Penutup, memuat: Kajian Produk yang Telah Direvisi dan Saran Pemanfaatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERNIKAHAN DALAM ISLAM

RINGKASAN BUKU Paulo Freire – Politik Pendidikan : Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan